|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Individu sehat
|
|
Tujuan konseling
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Hakekat manusia
|
|
Menghadapi masalah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Sikap konselor
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Individu berproblem
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Teknik konseling
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Disini
Pengantar:
- Konseling merupakan landasan bagi program bimbingan dan pengembangan manusia.
- Secara essensial, keterampilan konseling merupakan landasan bagi keterampilan “bantuan”, dan unsur terapetik yang mendasar dari konseling terdapat di semua relationship bantuan.
- Secara historis, konseling dipandang sebagai layanan bimbingan
- Konseling adalah suatu relationship antara seorang konselor yang kompeten dan terlatih secara professional dengan individu yang mencari bantuan dalam rangka:
- Memperoleh peningkatan pemahaman diri
- Keterampilan mengubah perilaku
- Keterampilan mengambil keputusan
- Pemecahan masalah
- Pertumbuhan perkembangan
- Dalam konseling, penekanannya adalah pada dimensi proses, yakni penciptaan rasa aman selama relationship antara konselor dan klien
- Dalam proses konseling, yang sangat ditekankan adalah mendorong klien “belajar” sikap dan perilaku baru.
- Konseling juga disebut sebagai “proses belajar-mengajar”, yakni klien belajar tentang perjalanan hidupnya.
- Konseling meliputi suatu proses untuk mendorong pertumbuhan klien
- Suasana konseling harus “terapetik” (memberi rasa aman) dan “fasilitatif” (menunjang inisiatif), bukannya yang “punitif” (mengancam) dan “destruktif” (merusak).
0 komentar:
Posting Komentar