Labels

Cinta (74) Pendidikan (27) Broken Heart (21) Konseling (15) Teknologi (15) Sosial (13) Sports (12) Cerita (9) Seni (7) Kesehatan (5) Militer (5) Otomotif (5) Semesta Alam (4) Islam (3) Sejarah (3) JASA (1) Makalah Ekonomi (1)

Jumat, 07 September 2012

JIWO SUTO ( Syekh Abdul Hamid )


SYEKH ABDUL  HAMID ( JIWO SUTO )

Syekh Abdul Hamid ( Jiwo Suto ) adalah putra dari pasangan Yasmin dan Suminah namun karena kemashuran, ketokohan sang kakek maka nama Syekh Abdul Hamid lebih melekat pada dirinya dari pada nama Yasmin Ayahandnya, sehingga beliau oleh masyarakat Ujungpangkah dipanggil Syekh Abdul Hamid atau dijuluki Jiwo Suto.
Waliyullah yang lahir dan dibesarkan di Ujungpangkah ini diperkirakan hidup antara tahun 1792-1861 atau abad 18-19 Masehi. Kesimpulan sementara ini diambil karena riwayat hidup beliau yang se-jaman atau satu generasi dengan Adipati Suryoadiningrat ( Kanjeng Sepuh ) Bupati Gresik Di Sidayu yang hidup pada tahun 1817 – 1858 M.
Syekh Abdul Hamid (Jiwo Suto) merpakan seorang wali yang semasa hidupnya menjadi salah satu peletak dasar dan pondasi tatanan nilai-nilai keislaman bagi masyarakat Ujungpangkah dan Sidayu, hal tersebut dapat dilihat dari kedudukan beliau sebagai guru dan penasehat Kanjeng Sepuh dalam bidang keagamaan. Kenyataan ini dapat dibenarkan, sebab pada abad 16 ke atas dalam sejarah keislaman di Indonesia disebut sebagai jaman kewalian ( Jawa : Kuwalen )

0 komentar:

Posting Komentar

 
KeluarJangan Lupa Klik Like Dan Follow ya!