ABSTRAKSI
HUSNUL
LATIFAH,2007.4.043.0001.1.01990 PEMBELAJARAN AKTIF MELALUI METODE IMLA’ UNTUK
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS HURUF ARAB PADA SISWA KELAS 1 MI ROUDLOTUT
THOLIBIN MOROBAKUNG MANYAR GRESIK.
Penelitian ini
ingin menjawab permasalahan (1) Bagaimana metode pembelajaran imla’ dalam
meningkatkan kemampuan menulis huruf arab? (2) Bagaimana penerapan metode imla’
bagi siswa kelas 1 MI Roudlotut Tholibin Morobakung Manyar Gresik?
Di
Mi Roudlotut Tholibin Morobakung Manyar Gresik. Siswa kelas 1 dengan
pembelajaran Agama Islam sangat membosankan karena mereka sudah merasa bisa dan
penyampaian yang kurang menarik. Sehingga secara tidak langsung siswa menjadi
lemah dalam penangkapan materi tersebut. Melalui penggunaan metode yang menarik
dan atraktif akan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan tidak kaku
sehingga siswa dapat merasa nyaman dalam belajar di ruangan kelas.
Penelitian
ini merupakan penelitian analisis deskriptif kulitatif,subyek penelitian
aadalah kepala sekolah, guru, dan stafnya. Metode pengumpulan datanya adalah
observasi, aktivitas siswa dan guru, tes formatif. Sedangkan metode analisis
datanya adalah menggunakan analisis deskriptif kualitatif.
Hasil
penelitian ini adalah diperoleh nilai rata-rata tes formatif sebesar 81 dan dari
22 siswa yang telah tuntas sebanyak 19 siswa dan 3 siswa belum mencapai
ketuntasan belajar. Maka secara klasikal ketuntasan belajar yang telah tercapai
sebesar 86,36% (termasuk kategori tuntas). Hasil pada periode III ini mengalami
peningkatan lebih baik dari periode II. Adanya peningkatan hasil belajar pada
periode III ini dipengaruhi oleh adanya peningkatan kemampuan guru dalam
menerapkan pembelajaran metode imla’ sehingga siswa menjadi lebih terbiasa
dengan pembelajaran metode imla’ sehingga siswa menjadi lebih terbiasa dengan
pembelajaran seperti ini. Pada periode III ini ketuntasan secara klasikal telah
tercapai, sehingga penelitian ini hanya sampai periode III.
0 komentar:
Posting Komentar