Labels

Cinta (74) Pendidikan (27) Broken Heart (21) Konseling (15) Teknologi (15) Sosial (13) Sports (12) Cerita (9) Seni (7) Kesehatan (5) Militer (5) Otomotif (5) Semesta Alam (4) Islam (3) Sejarah (3) JASA (1) Makalah Ekonomi (1)

Selasa, 11 September 2012

ABSTRAKSI


ABSTRAKSI
HUSNUL LATIFAH,2007.4.043.0001.1.01990 PEMBELAJARAN AKTIF MELALUI METODE IMLA’ UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS HURUF ARAB PADA SISWA KELAS 1 MI ROUDLOTUT THOLIBIN MOROBAKUNG MANYAR GRESIK.
Penelitian ini ingin menjawab permasalahan (1) Bagaimana metode pembelajaran imla’ dalam meningkatkan kemampuan menulis huruf arab? (2) Bagaimana penerapan metode imla’ bagi siswa kelas 1 MI Roudlotut Tholibin Morobakung Manyar Gresik?
Di Mi Roudlotut Tholibin Morobakung Manyar Gresik. Siswa kelas 1 dengan pembelajaran Agama Islam sangat membosankan karena mereka sudah merasa bisa dan penyampaian yang kurang menarik. Sehingga secara tidak langsung siswa menjadi lemah dalam penangkapan materi tersebut. Melalui penggunaan metode yang menarik dan atraktif akan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan tidak kaku sehingga siswa dapat merasa nyaman dalam belajar di ruangan kelas.
Penelitian ini merupakan penelitian analisis deskriptif kulitatif,subyek penelitian aadalah kepala sekolah, guru, dan stafnya. Metode pengumpulan datanya adalah observasi, aktivitas siswa dan guru, tes formatif. Sedangkan metode analisis datanya adalah menggunakan analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini adalah diperoleh nilai rata-rata tes formatif sebesar 81 dan dari 22 siswa yang telah tuntas sebanyak 19 siswa dan 3 siswa belum mencapai ketuntasan belajar. Maka secara klasikal ketuntasan belajar yang telah tercapai sebesar 86,36% (termasuk kategori tuntas). Hasil pada periode III ini mengalami peningkatan lebih baik dari periode II. Adanya peningkatan hasil belajar pada periode III ini dipengaruhi oleh adanya peningkatan kemampuan guru dalam menerapkan pembelajaran metode imla’ sehingga siswa menjadi lebih terbiasa dengan pembelajaran metode imla’ sehingga siswa menjadi lebih terbiasa dengan pembelajaran seperti ini. Pada periode III ini ketuntasan secara klasikal telah tercapai, sehingga penelitian ini hanya sampai periode III.

0 komentar:

Posting Komentar

 
KeluarJangan Lupa Klik Like Dan Follow ya!