belajar
berbahasa Jawa variasi "krama"
Kreasi Jawa
1.rebab
a.sumber suara dan cara membunyikan rebab
rebab termasuk dalam kelompok alat music chordophone,yaitu alat music dengan suber suara dawai atau senar.
Sedangkan cara membunyikannya dengan cara digesak dawainya menggunakan alat penggesek khusus.
b.macam macam rebab dan cara penggunaanya
pada perangkat gamelan ageng lengkap,biasanya terdapat dua macam rebab yaitu rebab byur(polos) dan rebab pontong (plonthong).
Berdasarkan kebiasaan,rebab byur digunakan pada saatpenyajian komposisi music karawitan jawa yang berlaras pelog ,sedangkan rebab pontong digunakan pada saat penyajian komposisi music karawitan jawa yang berlaras slendro.
c.steman nada rebab
pada ricikan rebab terdapat dua dawai atau senar.untuk menyajikan komposisi music karawitan jawa yang berlaras slendro,pelog pathet nem dan pelog pathet barang,dawai ricikan rebab distem dengan nada nem(6) dan ro (2).sedangkan untuk penyajian komposisi music karawitan jawa yang berlara pelog pathet lima,dawai ricikan rebab distem dengan nada ji(1) dan ma (5)
2.Kendhang.
a.sumber suara dan cara membunyikan kendhang.
Kendhang termasuk dalam kelompok alat music membrane phone,yaitu alat music dengan sumber suara selaput/membrane.secara umum,cara membunyikan ricikan kendhang adalah dengan dikebuk membrannya menggunakan telapak tangan atau jari jari tangan kanan dan kiri.
b.macam macam kendhang.
Pada perangkat gamelan ageng biasanya terdapat empat macam kendhang yaitu:
a) Kendhang ageng
Merupakan kendhang dengan ukuran fisik paling besar diantara empat macamkendhang pada perangkat gamelan ageng.
b) Kendhang sabet
Merupakan kendhang dengan ukuran fisik lebih kecil daripada kendhang ageng lebih besar dari pada kendhang ciblon.
c) Kendhang ciblon
Merupakan kendhang dengan ukuran fisik lebih kecil daripada kendhang sabet tetapi lebih besar dari pada kendhang ketipung
d) Kendahng ketipung
Merupakan kendhang dengan ukuran fisik paling kecil diantara empat macam kendhang pada perangkat gamelan ageng.
c.Macam macam suara ricikan kendhang ageng,kendhang sabet,kendhang,ciblon.kendhang ketipung beserta cara penghasilannya:
i. Suara “dhah” (not b)
Dikebuk pada bagian tepi tebokan besar dengan telapak dan empat jari tangan kanan merapat dan setelah mengebuk secepatnya dilepas dari tebokan.
ii. Suara “thung” (not p)
Dikebuk pada bagian tengah tebokan besar dengan telapak tangan dan semua jari tangan kanan.
iii. Suara “tak” (not t)
Dikebuk dan ditekan pada tebokan kecil dengan telapak dan semua jari tangan kiri.
iv. Suara “tong” (not o)
Dikebuk dan secepatnya dilepas pada bagian tepi tebokan kecil,menggunakan ujung jari tengah tangan kiri.
v. Suara “ket” (not i)
Dikebuk dan ditekan pada bagian tengah tebokan besar,menggunakan ujung ujung jari tangan kanan
vi. Suara “lang” (not L)
Dikebuk dan secepatnya dilepas dan tebokan kecil,menggunakan telapak tangan dan empat jari tangan kiri
vii. Suara “lung” (not l)
Dikebuk dan secepatnya dilepas dan pada bagian tepi tebokan kecil,menggunakan jari telunjuk tangan kiri
viii. Suara ”ndhet” (not b)
Dikebuk dan ditekan pada bagian tebi tebokan besar,menggunakan telapak empat jari tangan kanan merapat
ix. Suara “dlong” (not b)
Merupakan kombinasi antara suara “ndhah” dan suara “tong”
x. Suara “ndang” (not d)
Merupakan kombinasi antara suara “ndhah” dan suara “long”
3.gender
a.sumber suara dan cara membunyikan gender.
Gender merupakan salah satu kelompok alat music idiophone,yaitu alat music yang sumber suaranya adalah badan dari alat music itu sendiri(bilah logam).adapun cara membunyikan ricikan gender adalah dengan dipukul pada bagian tengah permukaan bilah bilahnya menggunakan dua tabuh yang dipegang dengan tangan kanan dan tangan kiri.
b.macam macam gender.
Berdasarkan ukuran fisik dan susunan nadanya,pada perangkat gamelan ageng terdapat macam gender ,yaitu gender barung ukuran fisiknya lebih besar dan susunan nada nadanya lebih rendah dari pada gender penerus.berdasarkan susunan nada atau larasnya ,pada perangkat gamelan ageng biasanya terdapat tiga macam gender yaitu gender berlaras slendro,gender berlaras pelog nem,gender berlaras pelog barang.
4.bonang
a.sumber suara bonang
bonang termasuk dalam kelompok alat music idiophone ,yaitu alat music yang sumber suaranya adalah badan dari alat music itu sendiri.bonang sumber suaranya berupa pencon logam.
b.cara membunyikan bonang
cara membunyikan bonang adalah dengan dipukul pada bagian pencu dari setiap penconnya menggunakan dua tabuh yang dipegang dengan tangan kanan dan tangan kiri.
c.macam macam bonang
berdasarkan ukuran fisik dan susunan nadanya,pada perangakat gamelan ageng lengkap terdapat tiga macam bonang yaitu bonang panembung,bonang barung,bonang penerus.
Bonang panembung merupakan ricikan bonang dengan ukuran fisik paling besar dan dengan nada nada paling rendah.bonang barung dengan ukuran fisik lebih kecil daripada bonang panembung tetapi lebih besar daripada bonang penerus dan nada nadanya lebih tinggi dari pada bonang panembung tetapi lebih rendah daripada bonang penerus.
Sedangkan bonang penerus merupakan merupakan ricikan bonang dengan ukuran fisik paling kecil dan dengan nada nada paling tinggi.bila ditinjau dari susunan nada atau larasnya,pada perangkat gamelan ageng terdapat dua macam bonang yaitu bonang berlaras slendro dan banang berlaras pelog.
Dengan demikian maka pada seperangkat gamelan ageng lengkap terdapat enam ricikan bonang
5.saron
a.sumber suara saron
saron termasuk dalam kelompok alat music idiophone,yaitu alamt music yang suber suaranya adalah badan dari alat music itu sendiri
sumber suara dari saron berupa bilah bilah logam.
b.cara membunyikan saron
cara membunyikan saron adalah dengan dipukul pada bagian tengah bilah bilahnya menggunakan satu tabuh.
c.macam macam saron
berdasarkan ukuran fisik dan susunan nada nadanya ,pada perangkat gamelan ageng terdapat 3 macam saron yaitu saron demung,saron barung,saron penerus,saron demung merupakan ricikan saron dengan ukuran fisik paling besar dan dengan nada nada paling rendah.saron barung memiliki ukuran fisik lebih kecil dan dengan nada nada lebih tinggi daripada saron barung.sedangkan saron penerus merupakan jenis saron dengan ukuran fisik paling kecil dan dengan nada paling tinggi.
Bila ditinjau dari susunan nada atau larasnya,pada perangkat gamelan ageng terdapat dua macam laras yaitu laras slendro dan laras pelog.
6.Slenthem
a.sumber suara slenthem
slenthem termasuk dalam kelompok alat music idiophone yaitu alat music yang sumber suara adalah badan dari alat music itu sendiri.
Sumber suara pada ricikan slenthem berupa bilah bilah logam.
b.cara membunyikan slenthem
cara membunyikan slenthem adalah dipukul pada bagian tengah bilah bilahnya menggunakan satu tabuh.
c.macam macam slenthem
pada perangkat gamelan ageng ,biasanya terdapat dua macam slenthem yaitu slenthem berlaras slendro,slenthem berlaras pelog
0 komentar:
Posting Komentar