Labels

Cinta (74) Pendidikan (27) Broken Heart (21) Konseling (15) Teknologi (15) Sosial (13) Sports (12) Cerita (9) Seni (7) Kesehatan (5) Militer (5) Otomotif (5) Semesta Alam (4) Islam (3) Sejarah (3) JASA (1) Makalah Ekonomi (1)

Jumat, 07 September 2012

Hasil Pelaksanaan Kegiatan Program Guru Pendamping di SMKN 1 SIDAYU GRESIK


                                                                                                                                 III.            Hasil Pelaksanaan Kegiatan
Program Guru Pendamping di  SMKN 1 SIDAYU GRESIK
A.     Sebelum kegiatan :
Saya melakukan pengamatan terhadap sekolah ini, beberapa permasalahan yang muncul dari sekolah ini selama 1 minggu pertama disini saya diterjunkan tidak jauh dari permasalahan sarana dan prasarana . Apalagi sekolah ini masih dapat dibilang sekolah baru yang masih dalam tahap pembangunan.Untuk masalah cara mengajar guru sesuai dengan kurikulum atau cara guru bekerja secara profesionnal tidak ada kendala, karena pada SMK N 1 Sidayu memiliki jumlah murid yang masih mencukupi untuk diberikan materi oleh jumlah guru yang ada saat ini. Pada pertama saya datang ke SMK 1 Sidayu, bertepatan pada waktu persiapan untuk menjelang ulangan akhir semester, sehingga pembelajaran yang saya lakukan baru aktif mulai januari 2011.
1.      Masalah Sarana dan Prasarana yang paling menonjol adalah kelas yang digunakan siswa untuk belajar mengajar, kekurangan kelas yang digunakan dengan banyaknya siswa ynag ada, membuat siswa kelas X dimasukkan pada jam siang sedangkan siswa kelas XI dan XII dimasukkan pada jam pagi, tanah lapang sekolah yang tiap hujan selalu banjir dan becek, kemudian buku – buku diperpustakaan yang jauh dari kata cukup dan memadai untuk sekolah ini ,sarana dilab yang juga menurut saya sangat kurang, terutama lab TKJ hanya 6 komputer yang berfungsi dengan baik, komputer yang seharusnya digunakan untuk tiap – tiap standart kompetensi itu berbeda, namun disini yang digunakan hanya 6 komputer itu untuk perakitan, install dan pemrograman. Sedangkan komputer yang lain sudah rusak dan tidak dapat digunakan untuk praktikum. Pada lab KKPI pun juga demikian dari 13 komputer yang disediakan sekolah, hanya 5 komputer yang bisa digunakan, sehingga dalam proses pembelajaran terpaksa siswa-siswa dibagi menjadi beberapa gelombang dan membuat sistem pembelajaran terlambat dari yang seharusnya.

2.      Selain dari Prasarana dan sarana juga ketidak jelasan peraturan, belum dibentuknya tim kedisplinan contohnya . Ini mennyebabkan banyak pelanggaran – pelangggaran yang dilakukan oleh siswa seperti berpakaian tidak selayaknya siswa dan keluar pada saat jam pelajaran, memakai aksesoris berlebihan kemudian datang terlambat dll.

3.      Masalah lain datang dari siswa – siswa sendiri, banyak dari siswa yang tidak mengetahui pelajaran yang akan mereka terima. Disaat guru masuk kedalam kelas, siswa malah mempertanyakan guru tersebut guru mata pelajaran apa dan mau mengajar apa, terdapat banyak kelas yang memiliki kasus tersebut. Masalah tersebut bisa muncul karena banyak siswa yang tidak mengetahui jadwal yang berlaku dan tidak mengenal seluruh guru yang ada di sekolah tempat mereka menimba ilmu.



B.     Setelah Kegiatan
Setelah kegiatan ini berlangsung terdapat beberapa perubahan yang terjadi, diantaranya sebagai berikut:
1.      Untuk sarana dan prasarana saya hanya bisa memberikan saran karena saya tidak berwenang untuk memberikan banntuan kepada sekolah ini untuk melengkapi sarana dan prasarana yang mereka miliki.
a.       Saran yang  saya berikan adalah mengenai tanah lapang diarea sekolah seyogyanya diberikan “urug”  berupa Pasir atau pun batu koral sehingga ketika hujan tidak akan menimbulkan becek dan akan menyerap air.
Dan hasilnya beberapa meter persegi tanah lapang sekolah telah diberikan urug berupa pafing namun sayangnya belum maksimal karena terhambat biaya oleh karena itu bantuan dari pemda sangat berarti disini.

b.      Untuk buku diperpustakaan saran yang saya berikan adalah meberikan nomer pada buku, tetapi pada sekolah ini ruang perpustakaan belum tersedia, sehingga buku – buku yang sudah tertata hanya diletakkan pada rak yang terdapat di musholah. Sehingga ruangan di musholah selain sebagai tempat ibadah, sebagian tempatnya digunakan untuk perpustakaan darurat. Kembali lagi permasalahan pada ruangan dan lebar tanah SMK N 1 Sidayu. Kekurangan lahan membuat tidak ada tempat untuk membangun ruang perpustakaan.
Hasilnya : yang dapat dilakukan hanya membantu mengidentifikasi buku yang terdapat di rak perpustakaan sekolah yang bertempat di dalam bagian ruangan mushollah sekolah.

c.       Untuk Lab TKJ perbaikan demi perbaikan pun sudah dilakukan namun kembali komputer yang ada pada kondisi yang tidak bisa dipakai secara layak karena komputer yang ada sudah termasuk komputer pada masa yang lama, jadi harus melakukan penggantian . Mengingat sekolah ini dalam tahap pembangunan dan jurusan TKJ merupakan jurusan baru yang angkatan pertamanya baru pada kelas XI yang tentu kelengkapan alat untuk bidang produktifnya masih kurang memadai, maka pertolongan yang tepat adalah berkonsultasi dengan Diknas terkait mungkin akan ditemukan suatu solusi yang tepat.
Hasilnya : Sejauh ini hanya perbaikan kecil yang  bisa saya lakukan dan dibantu dengan guru – guru produktif juga tool woman jurusan TKJ.

2.      Untuk tim kedisiplinan pun telah dibentuk oleh pihak sekolah ,ketertiban anak – anak pun dapat dijadikan promo untuk sekolah ini namun itu semua tidak akan berarti tanpa andil warga sekolah yang lain .jadi bukan menitikberatkan pada tim kedisiplinan tapi pada seluruh warga sekolah untuk menjaga kedisplinan mereka sendiri.
Hasil : Siswa berperilaku, berfikir, berpenampilan selayaknya siswa

3.      Untuk masalah siswa yang merasa kurang mendapat perhatian dari orang tua mereka, saya secara pribadi membantu mereka dengan menanamkan karakter yang kuat tentang makhluk sosial bukan berarti saya melakukan sebuah pelatihan namun lebih ke pendekatan antara guru dan murid yang paling tidak menyisakan ruang  dihati mereka untuk harapan yang lebih baik.
Hasil : Meski hanya beberapa siswa saja yang dapat saya bantu namun saya berfikir mereka akan memberikan ilmu itu untuk teman – temannya yang lain.

0 komentar:

Posting Komentar

 
KeluarJangan Lupa Klik Like Dan Follow ya!